Sabtu, 07 September 2013

PERKEMBANGAN TEKHNOLOGI DIERA GLOBALISASI



KATA  PENGANTAR
                                  Assalamu alaikum Wr.Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua
            Buku Sejarah Perkembangan Tekhnologi ini disusun dalam rangka memenuhi tugas pengetahuan komputer sebagai salah satu mata kuliah wajib dijurusan biologi FMIPA Universitas Cokroaminoto Palopo. Buku ini membahas tentang pengertian, kegunaan serta sejarah awal kemunculan dan perkembangan beberapa bentuk kemajuan tekhnologi yang berkembang pesat diera globalisasi seperti sekarang ini, mulai dari perkembangan alat tekhnologi infoormasi, telekomunikasi, transportasi serta beberapa alat eletronik lainnya.
Seperti kita ketahui bahwa dizaman modern ini manusia sangat bergantung pada kemajuan tekhnologi. Kita bisa melihat dengan nyata bahwa saat ini negara-negara maju dengan kualitas tekhnologi canggih yang mereka ciptakan mampu menguasai perekonomian dunia, contohnya Jepang dengan kualitas sumber daya manusia yang tinggi mampu menciptakan berbagai macam kendaraan sebagai tekhnologi yang menjadi kebutuhan utama manusia saat ini tersebar hamper diseluruh dunia dan sangat laris di Asiah terutama Indonesia. Selain itu masih banyak lagi negara-negara maju yang tersebar di Benua Eropa dan Amerika dengan kualitas tekhnologi tidak kalah canggihnya yang mampu mereka ciptakan sampai saat ini dengan mengikuti perkembangan zaman.
kami sebagai penulis berharap agar buku sederhana ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya, dan kami siap menerima kritikan agar bisa lebih memperbaiki karya kami. Semoga ditahun-tahun yang akan datang kami maampu menciptakan buku yang jauh lebih bagus dan berkualitas berkualitas. AMIN.

Palopo, 1 April 2013

BAB I
SEJARAH PERKEMBANGAN TEKHNOLOGI
A. Pengertian Tekhnologi
Secara garis besar, teknologi bagi kita merupakan pengetahuan terhadap penggunaan alat    dan kerajinan, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kemampuan untuk mengontrol dan beradaptasi dengan lingkungan alamnya. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, Technología, 'kerajinan' dan Logia, studi tentang sesuatu.
Teknologi juga dapat diartikan bendabenda yang berguna bagi manusia, seperti mesin, tetapi  dapat juga mencakup hal yang lebih luas, termasuk sistem, metode organisasi, dan teknik. Dewasa ini teknologi sebagai suatu kebulatan sudah merupakan hal yang kompleks, sehingga tidak mengherankan bila dijumpai berbagai jenis definisi mengenai pengertian teknologi.
B. Teknologi Sebagai Kegiatan Manusia
Kegiatan manusia yang termasuk pengertian teknologi pada pokoknya dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu membuat dan menggunakan. Membuat adalah kegiatan merancang dan menciptakan sesuatu barang buatan, sedang menggunakan adalah melakukan sesuatu kegiatan sesuai dengan fungsi suatu barang buatan yang telah dibuat. Sebagai contoh misalnya pembuatan perahu pada zaman dahulu, orang harus terlebih dahulu membuat kapak, palu, gergaji, dan alat pengukur. Kemudian barulah orang membuat perahu dengan menggunakan alat-alat itu. Jadi, dalam pembuatan suatu perahu yang senyatanya dilakukan dua jenis kegiatan membuat dan menggunakan. Dalam zaman modern sekarang, kegiatan menggunakan berbagai peralatan, mesin, dan perlengkapan lainnya dalam pabrik untuk memproduksi sesuatu barang buatan tampak lebih menonjol.
C. Alasan Tekhnologi Diciptakan
Orang dengan daya imajinasi di atas rata-rata adalah mereka yang berada di belakang terciptanya teknologi, baik teknologi terbaru ataupun teknologi yang sudah lama ada. Meraka dengan daya khayal membuat sketsa dalam benak kemudian meralisasikannya. Menciptaan apa yang tidak mungkin menjadi mungkin. Teknologi tercipta karena adanya keinginan, begitu puun dengan eknologi terbaru. Ingin mudah berkomunikasi, mka diciptakanlah berbagai alat komunikasi. Ingin bisa dengan mudah berpergian ke manapun, maka tercipalah berbagai alat transportasi. Hal itu seolah menggambarkan baha teknologi adlah hasil dari gabungan antara mimpi, keinginan, dan kebutuhan.
Kebutuhan juga menjadi alasan yang cukup penting mengapa teknologi terbaru cukup banyak diciptakan. Jika manusia tidak merasa butuh, teknologi pastinya tidak akan pernah diciptkan. Semuanya seolah harus terjadi dan selesai ekstra cepat. Teknologi pun kemudian mengadopsi hal tersebut. Mempermudah dan mempercepat. Alasan itu kemudian sejalan dengan pertumbuhan teknologi itu sendri. Jika ada hal yang perubahannya paling cepat, bisa jadi iu adalah teknologi. Bisa dibayangkan bahwa ide-ide terciptanya berbagai teknologi pasti mengalir setiap harinya. Menunggu untuk direalisasikan hingga akhirnya menjadi tren sendiri di kalangan masyarakat.
D. Alasan Tekhnologi Terus Berkembang
Sudah sifat manusia jika tidak pernah merasa puas terhadap apapun. Begitu pun kaiatannya dengan teknologi. Selesai menciptakan teknologi yang satu, kamudian muncul lagi teknologi terbaru. Tak henti-hentinya teknologi itu diciptakan dan akan semakin diperbarui fasilitas-fasilitasnya. Apabila kita tidak mengikuti perkembangan tersebut kita akan dikatakan ketinggalan zaman. Contohnya, jika anda termasuk orang yang mengikuti perkembangan teknologi di bidang komunikasi, bisa jadi anda akan sering mengganti telepon genggam yang anda gunakan. Selain itu, karena manusia penuh dengan rasa ingin tahu. Selalu berusaha mencari kekurangan dan memperbaikinya sehingga hampr mendekati sempurna.
Keingintahuan itulah yang meyebabkan munculnya berbagai alasan untuk mencptakan suatu teknologi baru atau menyempurnakan teknologi yang lama. Tanpa disadari, manusia hidup di tengah segala gempuran teknologi terbaru. Bagaimana keadaannya, teknologi terbaru tetap menjadi satu hal yang dibutuhkan manusia. Kebutuhan sekunder yang nilai kegunaannya menjadi primer bagi beberapa orang.
E. Alasan  Tekhnologi Mempengaruhi Perkembangan Suatu Negara
Perubahan peranan teknologi informasi didalam organisasi merupakan sebuah transisi dari era industrialisasi ke era informasi dan jasa. Perubahan permintaan akan produk dan jasa berubah pada era ini jelas memberikan pengaruh bagaimana cara mengorganisasikan organisasi atau perusahaan dan bagaimana cara untuk menjadikan organisasi kompetitif.

Pada era setelah industrialisasi teknologi informasi (TI) dan pemanfaatannya secara efektif akan membuat pengembangan dan penelitian hanya membutuhkan waktu yang singkat sehingga mengakibatkan daur hidup produk lebih singkat. Hal yang sama juga terjadi pada advertensi dan distribusi akan menyebabkan pesaing menguasai pasar dengan lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Keterbatasan geografi, jarak dapat diminimalkan dengan adanya perbaikan teknologi komunikasi dan transportasi. Pada umumnya individual even akan lebih sering terjadi dan lebih pendek dalam durasinya yang menstimulir tempo yang tinggi pada lingkungan.

F.  Teknologi Sebagai Kumpulan Pengetahuan

Seorang ahli Tom Burns mengartikan teknologi sebagai kumpulan pengetahuan, tetapi pengetahuan itu dibedakan menjadi dua kelompok, yakni pengetahuan yang masih terdapat pada bangsa yang terbelakang atau kurun masa sebelum industrialisasi zaman modern dan pengetahuan yang telah bersangkut paut dengan masyarakatmasyarakat industri. Atau dapat dikatakan, pengertian teknologi sebagai kumpulan pengetahuan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu pengetahuan yang masih bersifat tradisional sebelum terjadinya industrialisasi dan pengetahuan yang telah bercorak modem dalam masyarakat industri untuk produksi berbagai barang dan jasa.
BAB II
10 MACAM-MACAM TEKHNOLOGI DAN SEJARAH  PERKEMBANGANNYA
Seperti kita ketahui bahwa saat ini tekhnologi berkembang begitu pesat seiring perkembangan zaman. Tekhnologi merupakan kebutuhan utama  yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Hingga saat ini berbagai jenis tekhnologi telah diciptakan oleh orang-orang yang memiliki kecerdasan yang luar biasa. Dari sekian banyak jumlah dan jenis tekhnologi kami akan mengulas beberapa macam tekhnologi yang muncul dan berkembang begitu pesat mengikuti perkembangan zaman diera modern ini.
Berikut 10 macam tekhnologi yang bisa dikatakan kebutuhan yang sangat bermanfaat bagi setiap orang:
A. Awal Kemunculan dan Pengertian Radio
Dasar dari teori perambatan gelombang elektromagnetik pertama di jelaskan pada tahun 1873 oleh James Clecrk Maxell. Dalam papernya di Royal Society mengenai teori donamika mean elektromagnetik, hasil dari penelitian yang dikerjakan antara 1861 dan 1865.
Gambar..1                                              gambar..2
Untuk pertama kalinya, Heinrich Rrudolf Hertz telah membuktikan teori Maxwell yaitu antara 1886 dan 1888, dengan melakukan eksperimen. Dia berhasil membuktikan bahwa radiasi gelombang radio memiliki sifat-sifat gelombang dan sekarang disebut dngan gelombang Hertzian. Dia juga menemukan bahwa persamaan elektromagnetik dapat dirumuskan kedalam persamaan gelombang.
Radio dalam kehidupan sehari-hari digunakan sebagai sarana penyampaian informasi. Suara yang didengar dari pesawat radio merupakan perubahan bentuk energi elektromagnetik dari gelombang radio yang ditangkap oleh pesawat radio, lalu dubah melalui pengeras suara sehingga mendapatkan hasil bunyi yang bisa kita dengar.
Radio adalah media elektromagnetik yang termurah, baik pemancar maupun penerimanya. Berarti terdapat ruang untuk lebih banyak stasiun radio dan lebih banyak pesawat penerima dalam sebuah perekonomian nasional. Radio dibandingkan dengan media lainya adalah biaya yang rendah sama artinya dengan akses kepada pendengar yang lebih besar dan jangkauan lebih luas kepada kaum dengan tingkat ekonomi yang rendah. Itu keuntungan dari radio.
Ada keuntungan radio, tapi ada pula dampak negatif dari penggunaan radio. Radio memiliki gelombang yang dapat menimbulkan induksi gelombang elektromagnetik, induksi gelombang elektromagnetik dapat mempengaruhi ion positif dan ion negatif disekeliling pancaran radionya, muatan(ion) positif dan negatif didalam tubuh terjadi keseimbangan apabila tidak mendapatkan pengaruh terutama dari radiasi gelombang elektromagnetik, dan lainnya.
Radio memang saat ini sudah jauh ketinggalan zaman dibandingkan dengan alat-alat tekhnologi lainnya, tapi meski demikian radio masih menjadi kebutuhan serta bagian besar yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat, khususnya masyarakat menengah kebawah.
B. Awal Kemunculan dan Sejarah Perkembangan Televisi
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam putih) maupun berwarna. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision, yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia.

Gambar ...3
Dalam penemuan televisi, terdapat banyak pihak, penemu, maupun inovator yang terlibat, baik perorangan maupun badan usaha. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. Awal dari televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar, Hukum Gelombang Elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831) yang merupakan awal dari era komunikasi elektronik.
Pada tahun 1876  George Carey menciptakan Selenium Camera yang digambarkan dapat membuat seseorang melihat gelombang listrik. Kemudian, Eugen Goldstein menyebut tembakan gelombang sinar dalam tabung hampa itu dengan nama Sinar Katoda. Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1881 para insinyur memperkenalkan konsep Teleponskop yang merupakan suatu konsep gabungan antara telepon dan pengiriman gambar bergerak. Di tahun yang sama, penemuan Pantelegraf yang menggunakan mekanisme pemindaian pendulum memungkinkan sistem pemindaian gambar untuk mengirim gambar untuk pertama kalinya.
Kemudian kita melangkah ketahun 1925 Sejarah perkembangan televisi menapaki babak baru ketika John Logie Baird yang berkebangsaan Skotlandia memperlihatkan televisi kepada umum untuk pertama kalinya.  John Logie Baird ketika itu menunjukkan cara pemancaran gambar-bayangan bergerak di London pada tahun 1925. Setahun kemudian, John Logie Baird menciptakan gambar bergerak monokrom yang bisa menghasilkan gambar beresolusi 30 baris. Gambar bergerak monokrom ini bisa memperlihatkan wajah manusia dari lensa dengan spiral ganda. Tahun 1927, John Logie Baird menemukan sistem perekaman video pertama di dunia yang diberi nama Phonovision.
Ditahun 1939 Tepatnya tanggal 11 Mei, untuk pertama kalinya, sebuah pemancar televisi dioperasikan di kota Berlin, Jerman. Dengan demikian, dunia mulai berkenalan dengan alat komunikasi secara visual. Stasiun televisi itu kemudian diberi nama Nipko, sebagai penghargaan terhadap Powel Nipkow, ilmuwan terkenal Jerman dan salah seorang penemu peralatan televisi. Dua tahun kemudian Peter Goldmark menciptakan televisi warna dengan resolusi mencapai 343 baris.
Robert Adler kelahiran Amerika Serikat bersama rekannya Eugene Polley, pada tahun 1956 menemukan remote control televisi. Walaupun bukan televisinya, tetapi penemuannya menjadi sangat penting bagi teknologi televisi. Dia meninggal dalam usia 93 tahun. Penerima penghargaan Emmy tahun 1997 karena penemuannya itu mendapatkan lebih dari 180 paten Amerika selama karir 58 tahunnya. Menurut istrinya, pengendali jarak jauh televisi itu bukanlah penemuan favoritnya dan dia jarang menonton televisi.
Gambar...4                                                            gambar..5

Setelah puluhan tahun melakukan penelitian, akhirnya proyek layar plasma Larry Weber selesai pada tahun 1995. Ia berhasil menciptakan layar plasma yang lebih stabil dan cemerlang. Larry Weber kemudian mengadakan riset dengan investasi senilai 26 juta dolar Amerika Serikat dari perusahaan Matsushita. Dan pada tahun 2000an Masing-masing jenis teknologi layar semakin disempurnakan. Baik LCD, Plasma, maupun CRT terus mengeluarkan produk terakhir yang lebih sempurna dari sebelumnya dan sterusnya  Menyusul perkembangan televisi digital di negara-negara Amerika dan Eropa, Indonesia juga akan menerapkan sistem penyiaran Televisi Digital (Digital Television/DTV), yaitu jenis TV yang menggunakan Modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyebarluaskan video, audio, dan signal data ke pesawat televisi.
C. Sejarah Munculnya Air Conditioner (AC) dan Perkembanganya
Awal dari AC (air Conditioner ) sudah dimulai sejak jaman Romawi yaitu dengan membuat penampung air yang mengalir di dalam dinding rumah sehingga menurunkan suhu ruangan , tetapi saat itu hanya orang tertentu saja yang bisa karena biaya membangunnya sangatlah mahal karena membutuhkan air dan juga bangunan yang tidak biasa. Hanya para raja dan orang kaya saja yang dapat membangunnya.

Baru kemudian pada tahun 1820 ilmuwan Inggris bernama Michael Faraday Image menemukan cara baru mendinginkan udara dengan menggunakan Gas Amonia dan pada tahun 1842 seorang dokter menemukan cara mendinginkan ruangan dirumah sakit Apalachicola yang berada di Florida Ameika Serikat. Dr.Jhon Gorrie Image adalah yang menemukannya dan ini adalah cikal bakal dari tehnologi AC (air conditioner) tetapi sayangnya sebelum sempurna beliau sudah meninggal pada tahun 1855.

Willis Haviland Carrier Image seorang Insinyur dari New York Amerika menyempurnakan penemuan dari Dr.Jhon Gorrie tetapi AC ini digunakan bukan untuk kepentingan atau kenyamanan manusia melainkan untuk keperluan percetakan dan industri lainnya. Penggunaan AC untuk perumahan baru dikembangkan pada tahun 1927 dan pertama dipakai disbuah rumah di Mineapolis, Minnesota. Saat ini AC sudah digunakan disemua sektor, tidak hanya industri saja tetapi juga sudah di perkantoran dan perumahan dengan berbagai macam bentuk dari mulai yang besar hingga yang kecil.semuanya masih berfungsi sama yaitu untuk mendinginkan suhu ruangan agar orang merasa nyaman.
D. Penemuan Telepon Yang Mengawali Era Telekomunikasi
Pertama-tama, apa yang dimaksud dengan telepon?  Telepon merupakan alat untuk melakukan komunikasi dengan cara menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Benda tersebut tentunya sudah sangat bukan merupakan hal asing bagi masyarakat di era modern ini. Telepon sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi hampir semua orang. Hal tersebut terjadi karena denga telepon kita dapat menerima informasi dari orang lain dengan lebih cepat dan lebih jelas.
Tidak seperti halnya surat, surat tentunya memerlukan banyak waktu untuk bisa sampai pada sang penerima surat. Bila dibandingkan dengan telepon, surat tentunya sangat tidak efisien, baik efisien secara media yang digunakan (kertas) maupun efisiensi secara waktu (karena membutuhkan waktu yang termasuk lama). Selama ini kita hampir setiap hari menggunakan telepon, dan mungkin sebagian besar dari kita tidak mengetahui awal mula atau sejarah dari telepon itu sendiri. Maka dari itu, untuk menambah pengetahuan kita dan mengetahui secara pasti asal usul dari benda yang selalu kita pakai tiap hari untuk berkomunikasi tersebut, dibawah ini saya akan menguraikan perkembangan telepon dari masa ke masa.
Awal mula dari sejarah telepon adalah, dengan dipatenkannya penemuan Antonio Meucci yang disebut  dengan sound Telegraph pada tahun 1871. Penemuannya ini menjadi awal dari adanya peradaban baru dalam dunia komunikasi dalam bentuk penyampaian pesan suara antara dua orang dan dengan menggunakan perantara yang disebut kabel /dalam bahasa inggris disebut wire. Kemudian pada tahun 1875, perusahaan telekomunikasi  “The Bell”  mendapatkan hak paten atas penemuan Antonio Meucci yang disebut dengan “transmitters and Receivers for Electric Telegraphs”.  Cara kerja dari sistem “transmitters and Receivers for Electric Telegraphs” ini adalah dengan menggunakan getaran multiple baja untuk memberikan jeda pada sirkuit listrik. Kemudian penelitian/penemuan sistem untuk telepon dilanjutkan, dan kembali membuahkan hasil pada tahun 1876. Perusahaan Bell kembali mematenkan dan memperkenalkan sistem temuan terbarunya pada masa itu yaitu, “Improvement in Telegraphy”. Sistem ini lah yang untuk pertama kalinya memberikan metode untuk mentransmisikan suara secaratelegraf.

Kemudian, pada tahun 1877, The Charles Williams Shop dijadikan sebagai tempat dimana telepon untuk pertama kalinya di dunia dibuat. Namun tempat tersebut tidak hanya menjadi tempat bersejarah karena merupakan tempat telepon pertama dibuat, bahkan tempat tersebut selanjutnya menjadi pusat departemen riset dan pengembangan dari perusahaan telekomunikasi tersebut.

Tokoh terkenal dari penemuan telepon ini adalah Alexander Graham Bell, dialah yang menemukan dan membuat telepon untuk pertama kalinya. Alexander Graham Bell juga terus menerus memantau produktivitas perusahaan tersebut. Hasil kerja keras dan ketekunannya pun mambuahkan hasil pada perusahaan tersebut,  perusahaan “the bell”, pada akhir tahun dapat menghasilkan sebanyak tiga ratus buah  telepon yang berhasil diproduksi dan tentunya dapat digunakan dengan baik. Perusahaan Bell juga telah mematenkan telepon  “electro-magnetic” ,yang telah menggunakan teknologi baru yang dinamakan magnet permanen dan juga diafragma besi, serta telepon ini juga sudah menggunakan sistem / fitur nada dering panggilan yang dalam bahasa inggris atau biasa kita kenal dengan kata “ringtone”.

Perkembangan teknologi lanjutan, dari benda yang disebut telepon ini, kembali terjadi pada tahun setelahnya, yaitu tahun 1878. Dengan ditemukannya sebuah papan pengganti yang dikontrol atau digunakan secara manual, yang kemudian memungkinkan banyak telepon terhubung dengan hanya melalui sebuah saluran pertukaran (one wire). Dibawah kepemimpinan Theodore N. Vail, perusahaan Bell mempunyai 10.000 buah telepon yang berhasil diproduksi dengan baik dan dapat digunakan dengan semestinya seperti yang dibayangkan/diharapkan/direncanakan.  Kemudian, pada tahun 1880, teknologi yang disebut “sirkuit metalic” untuk pertama kalinya di uji cobakan untuk dipasang, dan ternyata percobaanatau eksperimen “sirkuit metalic”  tersebut berhasil. Sirkuit ini merupakan perbaharuan dari sirkuit “one-wire”,  yang kemudian menjadi sirkuit “two-wire”. Perbaharuan dari teknologi wire ini, dapat dikatakan cukup membantu mengurangi gangguan atau kekurangan yang seringkali dirasakan konsumen dengan penggunaan jalur one-wire (satu jalur).

Pada tahun 1891, telepon dengan fitur tombol atau putaran nomor dial untuk pertama kalinya digunakan.  Cara kerjanya adalah dengan cara seperti dibawah ini. Telepon akan bekerja secara otomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan cara menekan nomor dial (nomor yang dimasukkan dengan menekan/memutar tombol-tombol yang ada) berdasarkan instruksi.Seiring dengan adanya perkembangan teknologi, telepon dengan sistem wireless pun akhirnya ditemukan, dan untuk pertama kalinya resmi digunakan pada tahun 1915. Sistem ini tentunya semakin memudahkan pengguna telepon untuk saling berhubungan atau berkomunikasi, terutama untuk komunikasi lintas negara/daerah.

Setelah ditemukannya berbagai kemajuan dalam bidang komunikasi di dunia, yang telah membuat adanya peradaban baru tentunya, perusahaan komunikasi perusahaan telepon tidak berhenti untuk menemukan dan mematenkan karya karyanya dalam bidang komunikasi. Untuk perkembangan selanjutnya, pada tahun 1959, telepon yang disebut dengan telepon jenis “Princess”,  untuk pertama kalinya dipatenkan dan tentunya segera diperkenalkan kepada dunia. Yang kemudian penemuan tersebut disusul dengan diluncurkannya telepon yang memiliki tombol bersuara. Mungkin pada era ini hal tersebut sudah biasa dan bahkan sebagian ada yang ingin teleponnya tidak bersuara ketika ditekan tombol-tombolnya, namun pada era itu tombol yang memiliki atau mengeluarkan suara tertentu saat ditekan tombolnya sangatlah laku dan banyak penggemarnya (yang ingin memilikinya) dan terus mengalami perkembangan sampai saat ini.

E. Kehadiran Blackberry Diera Telekomunikasi

Blackberry ? ya sepertinya benda itu sudah tak asing lagi bagi kita saat ini, bahkan benda itu  selalu di soroti dan sudah menjadi lifestyle dari setiap kalangan, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Dan menurut survey, membuktikan bahwa mayoritas orang indonesia menggunakan benda tersebut sebagai sarana telekomunikasi.

Awal mula kemunculan blackberry pertama di dunia di mulai dari negara-negara di bagian benua eropa, mereka menciptakan teknologi tersebut di karenakan beberapa alasan, menurut para ahli yang berasal dari Canada, mengatakan bahwa dunia harus memiliki seperangkat satelit kecil yang bisa menghubungkan akses telekomunikasi antar negara dengan lebih mudah. Namun, mereka tidak hanya asal membuat teknologi tersebut tetapi mereka juga melakukan banyak riset dan meninjau tingkat modernisasi di dunia pada abad ini. Kemudian para ahli telekomunikasi dan teknologi tersebut mulai menciptakan suatu alat telekomunikasi terbaru yang di namakan smartphone atau biasa disebut dengan blackberry, mengapa di katakan smartphone ? banyak di antara kita yang mungkin masih mencari-cari alasan mengapa ponsel blackberry di katakan sebagai smartphone, blackberry di katakan sebagai smartphone karena ia mampu mengakses segala bentuk informasi yang bisa di dapatkan melalui internet dan tampilannya seperti di komputer, bisa dikatakan blackberry merupakan pengganti komputer namun, benda itu tidak sepenuhnya bisa menggantikan keunggulan komputer sebelumnya. Blackberry hanya menunjang dan membantu orang agar bisa mendapatkan atau mengupdate segala bentuk informasi dengan cepat ,mudah dan praktis.

Yang menjadikan handphone blackberry begitu canggih dan berbeda dari handphone pintar lainnya adalah adanya fasilitas push e-mail. Dengan fasilitas push e-mail semua email yang masuk dapat langsung diteruskan ke handphone blackberry. Selain itu email juga telah dikompresi dan discan di server blackberry sehingga email yang masuk telah berukuran lebih kecil dan aman dari virus. sebagai contoh email yang berukuran asli 1 Mb jika diterima dengan fasilitas push e-mail blackberry bisa menjadi 10 kb dengan isi yang tetap. Blackberry juga bisa dengan mudah menampilkan lampiran file yang berformat PDF ataupun microsoft office seperti word, excel. Ya itu semua merupakan pnegertian dan pemahaman dari blackberry, selanjutnya kita akan membahas tentang perkembangan blackberry dari jaman dahulu hingga saat ini.

 Pada jaman dulu blackberry belum merambah eksis di dunia telekomunikasi namun, seiring dengan perkembangan jaman blackberry menjadi di kenal oleh masyarakat luas, kemunculannya sangan bombastis dan menghipnotis banyak orang sehingga ponsel tersebut selalu di buru orang dan laku di pasaran. BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelcom dan Telkomsel. Akibat tuntutan pemerintah indonesia,blackberry akhirnya membuka kantor perwakilan di indonesia pada november 2010.

Sebagian besar dari pemakai BlackBerry di Indonesia, menggunakan handset ini khususnya hanya untuk chatting atau SMS, karena untuk sesama pengguna BlackBerry dapat ber-SMS atau chatting gratis dengan saling bertukar nomor PIN BBM ( BlackBerry Messenger). Oleh karena itu, menurut penilaian dari Direktur Utama Better-B (salah satu pengembang aplikasi BlackBerry Indonesia) kemunculan BlackBerry di Indonesia telah menggeser cara pikir masyarakat Indonesia dalam berkomunikasi, karena sekarang orang-orang tidak lagi meminta nomor handphone, melainkan nomor PIN BBM. Di samping itu pengguna juga menggunakan layanan internet hanya untuk mengakses Facebook dan Twitter, padahal, kegunaan dan fungsi dari BlackBerry jauh lebih luas ketimbang hanya untuk mengakses situs jejaring sosial.

Dengan adanya perubahan fungsi dari seluler pintar ini, untuk mengimbangi permintaan konsumen dan menjaga pasaran Research In Motion pun membuat terobosan baru pada produk-produk smartphonenya yang dimulai dari BlackBerry Bold 9000, lalu diikuti dengan BlackBerry Curve 8900, Storm 9530, Gemini 8250, Bold 9700 dan CDMA Tour 9630. Produk terobosan baru ini tampil dengan berbagai macam fungsi hiburan seperti pada handset lainnya, tetapi sama sekali tidak menghilangkan fungsi awalnya yaitu handset pintar yang diperuntukkan bagi kalangan pebisnis. Dengan demikian smartphone BlackBerry merupakan smartphone serbabisa dan cocok digunakan oleh segala kalangan masyarakat.

F.  Sejarah Tablet dan Awal Perkembangannya Hingga Saat Ini

      Ide dari komputer tablet bukanlah hal baru. Sejarah tablet dimulai pada tahun 1968, seorang ilmuwan komputer bernama Alan Kay mengemukakan bahwa dengan kemajuan flat-panel dalam teknologi layar, user interface, miniaturisasi komponen komputer dan beberapa pekerjaan eksperimental dalam teknologi WiFi, Anda bisa mengembangkan semuanya dalam satu perangkat komputasi. Ia mengembangkan idenya lebih lanjut, dan menunjukkan bahwa alat tersebut akan menjadi sempurna sebagai alat pendidikan untuk anak-anak sekolah. Sejarah tablet selanjutnya, pada tahun 1972, ia menerbitkan sebuah makalah tentang perangkat dan menyebutnya sebagai "Dynabook".
                                   
                                   Gambar 6
   Sejarah tablet membuktikan bahwa membutuhkan waktu hampir empat dekade sebelum tablet mirip dengan apa yang dia bayangkan mengambil hati publik. Tapi itu bukan berarti tidak ada komputer tablet di pasar selama 4 dekade tersebut selain konsep Dynabook dan iPad Apple yang terkenal. Tablet yang pertama muncul di pasar adalah GRiDPad. Pertama kali diproduksi pada tahun 1989, GRiDPad termasuk layar sentuh kapasitansi monokromatik dan stylus kabel. Beratnya hanya di bawah 2,26 kilogram. Dibandingkan dengan tablet hari ini, GRiDPad itu besar dan berat, dengan baterai pendek yang hanya bertahan tiga jam. Dan orang di balik GRiDPad itu adalah Jeff Hawkins, yang kemudian mendirikan Palm.
Kemudian terdapat pula komputer tablet lain berbasis pena namun ia tidak menerima banyak dukungan dari masyarakat. Apple lah yang pertama memasuki medan tablet dengan Newton, sebuah perangkat yang menerima jumlah kecintaan dan ejekan selama bertahun-tahun. Sebagian besar kritik untuk Newton berfokus pada pengenalan tulisan tangan perangkat lunaknya.
Hingga akhirnya puncak sejarah tablet dimulai ketika Stave Jobs mengungkapkan iPad pertama ke pasar, dan meyakinkan pasar bahwa komputer tablet dapat menjadi produk konsumen yang layak. Saat ini, perusahaan seperti Apple, Google, Microsoft dan HP berusaha untuk memprediksi kebutuhan konsumen, sementara merancang generasi berikutnya dari perangkat tablet.

G. Sejarah dan Pekembangan Modem

Modem, yang merupakan singkatan dari modulator / demodulator, diciptakan di tahun 1950 untuk keperluan militer. Diproduksi oleh perusahaan komputer sekarang populer, IBM, modem digunakan sebagai bagian dari sistem pertahanan udara; tujuan mereka adalah untuk menghubungkan berbagai pangkalan udara dan pusat-pusat kontrol. Modem adalah alat yang campuran (mengatur) dan terpisah (demodulasi) sinyal, yang memungkinkan satu komputer untuk menghubungkan ke lain. Mereka mentransfer data melalui saluran telepon dengan menggunakan gelombang analog dan modem lalu mengubah gelombang bolak-balik. Modem pertama dirancang untuk menahan penerima telepon dalam buaian dan memiliki hubungan kabel yang pergi dari buaian ke komputer. Saat ini, sebagian besar modem baik internal maupun eksternal perangkat keras.
 
          Gambar..7                                                         gambar..8

Sebelum modem komputer, ada com-port. Bila kartu modem internal ditempatkan dalam komputer, berperilaku sebagai COM2 atau port COM3. Mungkin juga tikus serial menghubungkan ke salah satu port (Gilbert, 1996). Asynchronous komunikasi yang digunakan dalam PC COM port. Setiap byte data adalah sebuah unit terpisah dan komputer yang mengirimkan data dapat jeda antara dua byte pesan. Namun, penerima pesan mungkin harus menangkap data secepat tiba. Hal ini dilakukan oleh “selaras sebuah” membutuhkan data satu bit bernilai tambahan waktu untuk mengumumkan awal byte baru dan sedikit sekali nilai tambahan waktu di akhir. Ini adalah apa yang dikenal sebagai awal “” dan “berhenti” bit. Ini berarti bahwa modem 2400 baud bisa transfer hanya 240 byte data per detik. Setiap byte akan membutuhkan waktu minimal 10-bit. Ini pernah disebut “start-stop” komunikasi, tetapi asinkron (sync, singkatnya) adalah nama (Gilbert, 1995).

Modem tidak dimulai dan menghentikan bit. Mereka benar-benar menempatkan sebagai bagian dari kompresi data umum. Awal dan stop bit terus dihasilkan pada kawat yang menghubungkan port COM untuk modem eksternal.

Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. 

H.Sejarah  Perkembangan Helicopter

Perkembangan pesawat terbang bersayap tetap, dapat dengan mudah dirunut atau diikuti fase kemajuannya. Sejarah penerbangan Amerika yang mulai dirintis oleh Otto Lilienthal, Samuel Langley, Chanute, sampai kesuksesan penerbangan pertama menggunakan pesawat bermotor dengan kendali penuh oleh Orville dan Wilbur Wright pada tahun 1903, membuktikan bahwa perkembangan penerbangan pesawat sayap tetap lebih bisa dikenali secara jelas. Perkembangan terbang pesawat helikopter tidak begitu mudah untuk diikuti, termasuk keberhasilan penerbangan pertama helikopter.

        
                    Gambar..9                                                           gambar..10

Obsesi manusia untuk bisa terbang dengan wahana terbang vertikal, yang paling kuno diawali adanya “mainan” China yang disebut “Chinese tops” sekitar 400 Sebelum Masehi. Mainan tersebut terbuat dari bulu yang diikat pada ujung tongkat. Jika tongkat diputar dengan kedua telapak tangan pada posisi ke atas, maka akan menghasilkan gaya angkat, sehingga jika tongkat berbulu tersebut dilepas akan terbang secara vertikal. Lebih dari 2000 tahun kemudian yaitu sekitar tahun 1483, seorang warga negara Rusia bernama Mikhail Lomonosov mengembangkan mainan model Chinese tops dengan sumbu rotor ganda. Perbedaannya terletak pada tenaga pemutarnya, yaitu tenaga telapak tangan digantikan dengan gulungan pegas yang ditegangkan. Karena energi yang dilepaskan dari gulungan pegas yang tertegang cukup besar, maka mainan ini dapat terbang mencapai ketinggian lumayan.

Seorang peneliti ilmu alam berkewarganeraan Perancis bernama Launoy dengan asistennya seorang mekanik bernama Bienvenu, menggunakan poros ganda untuk memutar poros yang ujungnya diikat dua set bulu kalkun yang berputar saling berlawanan arah. Percobaan model-model tersebut semakin menggairahkan kegiatan penelitian penciptaan wahana terba ng vertikal. Leonardo da Vinci yang lahir 15 April 1452, ternyata selain sebagai pelukis brilian juga seorang penggagas penciptaan wahana terbang vertikal yang mengagumkan.

Meskipun gagasannya baru dituangkan dalam bentuk sketsa di kanvas, namun idenya sangat mengihami bagi pengembangan penciptaan wahana terbang vertikal. Dalam sketsa yang dibuat Leonardo da Vinci menggambarkan sebuah wahana pengangkut manusia terbang vertikal, yang disebut “aerial screw” (sekrup udara) atau “air gyroscope” yang dibuat pa da tahun 1483. Wahana tersebut digambarkan sebagai permukaan dengan alur miring seperti permukaan geratan pada sekrup, dan agar menghasilkan permukaan yang halus, rata dan kedap udara, maka permukaan dilapis kain.

Perkembangan teknologi helikopter saat ini telah menjadikan helicopter sebagai wahana yang multi guna, baik untuk kepentingan militer maupun sipil, misalnya sebagai mesin perang, alat angkut personel/barang, SAR, evakuasi medis dan lain-lain.

Perkembangan helikopter tempur buatan AS juga diimbangi Eropa. Uni Sovyet mengembangkan helikopter tempur Mi-24 Hind. Hind tidak semata-mata sebagai mesin tempur, namun juga pengangkut pasukan. Helikopter Hind dioperasikan secara intensif pada Perang Afganistan tahun 1980-an, namun banyak yang jatuh tertembak peluru kendali permukaan ke udara Stringer buatan AS, yang dioperasikan dari atas panggul para pejuang Mujahidin Afganistan

                    
                 Gambar..11                                                         gambar..12

Mi-28 Havoc dan Ka-50 Werewolf dikembangkan Sovyet dengan meniru Apache Helikopter angkut yang tercatat sebagai yang terbesar saa t ini adalah Mi-26 “Halo” buatan Rusia, yang berkapasitas 4 awak pesawat dan 70 pasukan.

Bandingkan dengan helikopter angkut militer AS yaitu CH-47 Chinook, yang berdaya angkut lebih kecil yaitu 4 awak pesawat dan 33 pasukan. Helikopter Mi-26 “Halo” tercatat sebagai helikopter angkut terbesar dengan 4 crew dan 70 troops.

Mengikuti perkembangan pesawat helikopter yang dimulai dari awal pemikiran penciptaan wahana terbang vertikal sampai dengan helikopter dan teknologinya saat ini, disim pulkan bahwa penciptaan karya besar selalu melalui proses panjang. Dalam proses tersebut selalu diwarnai keberhasilan, namun juga kegagalan dan pengorbanan yang sering membuat putus asa. Demikianlah bagian kecil dari sejarah helikopter. Barangkali jika para pioner helikopter seperti Leonardo da Vinci, Boris Yu’rev, dan Paul Cornu berkesempatan hidup lagi dan menyaksikan bagaimana kecanggihan wahana terbang vertikal saat ini, maka kita semua yakin bahwa mereka akan tercengang dan kagum. Mereka mungkin tanpa sadar bahwa yang mereka kagumi sebenarnya adalah buah impian dan usaha yang pernah dirintisnya sendiri.

I.   Sejarah Perkembangan Kereta Api

Kereta api adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya). Rangkaian kereta atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Karena sifatnya sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.
        
      Gambar...13                                                                gambar..14

Sejarah perkeretaapian sama seperti sejarah alat transportasi umumnya yang diawali dengan penemuan roda. Mulanya dikenal kereta kuda yang hanya terdiri dari satu kereta (rangkaian), kemudian dibuatlah kereta kuda yang menarik lebih dari satu rangkaian serta berjalan di jalur tertentu yang terbuat dari besi (rel) dan dinamakan sepur. Ini digunakan khususnya di daerah pertambangan tempat terdapat lori yang dirangkaikan dan ditarik dengan tenaga kuda.

Setelah James Watt menemukan mesin uap, Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi. Kemudian Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan masyarakat umum. George Stephenson menyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan digunakan di jalur Liverpool-Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak.

Penemuan listrik oleh Michael Faraday membuat beberapa penemuan peralatan listrik yang diikuti penemuan motor listrik. Motor listrik kemudian digunakan untuk membuat trem listrik yang merupakan cikal bakal kereta api listrik. Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesindiesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Seiring dengan berkembangnya teknologi kelistrikan dan magnet yang lebih maju, dibuatlah kereta api magnet yang memiliki kecepatan di atas kecepatan kereta api biasa. Jepang dalam waktu dekade 1960-an mengoperasikan KA Super Ekspress Shinkanzendengan rute Tokyo-Osaka yang akhirnya dikembangkan lagi sehingga menjangkau hampir seluruh Jepang. Kemudian Perancis mengoperasikan kereta api serupa dengan nama TGV.

J.  Sejarah Kemunculan dan Perkembangan Roket

Roket saat ini adalah benda yang luar biasa dari kecerdikan manusia dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dari masa lalu. Perkembangan roket secara alami mulai dari ribuan tahun yang lalu sebagai hasil eksperimentasi dan penelitian para ilmuwan. Penulis Aulus Gellius seorang  Romawi, menceritakan sebuah kisah tentang seorang yang bernama Archytas dari Yunani yang tinggal di kota  Tarentum yang sekarang menjadi bagian dari Italia selatan

Di suatu tempat sekitar 400 tahun SM, Archytas bingung dan geli terhadap warga  Tarentum dengan alat terbang wooden bird  yang terbuat dari kayu. Alat tersebut mengeluarkan uap untuk mendorong Wooden Bird diikatkan pada kabel. Wooden Bird  menggunakan prinsip aksi-reaksi, yang tidak dinyatakan sebagai hukum ilmiah  sampai  abad ke-17. Sekitar tiga ratus tahun setelah wooden bird, Ilmuwan lain dari  Yunani,  Alexandria menciptakan perangkat roket yang serupa dan disebut Aeolipile. Roket ini juga menggunakan uap sebagai gas pendorong.

Roket Panah Api Terbang
Pada abad pertama Masehi, Cina dilaporkan memiliki bentuk sederhana dari mesiu yang terbuat dari sendawa, belerang, dan debu arang. Untuk membuat ledakan selama festival keagamaan berlangsung, mereka mengisi tabung bambu dengan campuran dan membakarnya dengan api. Mungkin beberapa dari  tabung tersebut gagal meledak dan tidak terbang  didorong oleh gas dan percikan api yang dihasilkan oleh pembakaran bubuk mesiu. Orang Cina  mulai bereksperimen dengan bubuk mesiu pada tabung. 

Pada titik tertentu, mereka melekatkan panah pada tabung bambu dan meluncurkan mereka dengan busur. Segera mereka menemukan bahwa tabung mesiu bisa membuat roket meluncur. Hingga saat itu Roket bena-benarr lahir.

Awal Roket Modern

Gambar..15                                                         gambar..16

Roket V-2 (di Jerman disebut A-4) adalah roket kecil dibandingkan dengan roket hari ini. Ini dicapai dari dorongan yang besar dengan membakar campuran oksigen cair dan alkohol pada tingkat sekitar satu ton setiap tujuh detik. Setelah diluncurkan, V-2 adalah senjata yang tangguh yang dapat menghancurkan blok seluruh kota. Untungnya bagi London dan pasukan Sekutu, V-2 datang terlambat dalam perang. Namun demikian, pada akhir perang, para ilmuwan roket Jerman dan insinyur telah meletakkan rencana untuk rudal canggih yang mampu mencakup Samudera Atlantik dan mendarat di Amerika Serikat. Rudal ini akan memiliki bagian atas bersayap tetapi kapasitas muatan yang sangat kecil.
Dengan jatuhnya Jerman, banyak roket V-2 yang tidak terpakai dan komponen ditangkap oleh Sekutu. Banyak ilmuwan roket Jerman datang ke Amerika Serikat. Lainnya pergi ke Uni Soviet. Para ilmuwan Jerman, termasuk Wernher von Braun, kagum pada kemajuan Goddard dengan roket yang telah dibuat.
Baik Amerika Serikat dan Uni Soviet menyadari potensi peroketan sebagai senjata militer dan mulai berbagai program eksperimental. Pada awalnya, Amerika Serikat mulai program dengan ketinggian roket hingga atmosfer, salah satu ide awal Goddard. Kemudian, rudal balistik antarbenua dikembangkan. Ini menjadi titik awal dari program luar angkasa AS. Rudal seperti Redstone, Atlas, dan Titan akhirnya akan meluncurkan astronot ke ruang angkasa.
Pada tanggal 4 Oktober 1957, dunia terpana oleh berita sebuah satelit yang mengorbit di Bumi buatan yang diluncurkan oleh Uni Soviet. Disebut Sputnik I, satelit berhasil masuk pertama dalam perlombaan untuk ruang antara dua negara adikuasa. Kurang dari sebulan kemudian, Soviet diikuti dengan peluncuran satelit membawa anjing bernama Laika terbang. Laika bertahan di ruang angkasa selama tujuh hari sebelum mati karena pasokan oksigen habis.
Beberapa bulan setelah Sputnik pertama, Amerika Serikat mengikuti Uni Soviet dengan satelit sendiri. Explorer diluncurkan oleh Angkatan Darat AS pada tanggal 31 Januari 1958. Pada bulan Oktober tahun itu, Amerika Serikat secara resmi menyelenggarakan program luar angkasa dengan menciptakan National Aeronautics and Space Administration (NASA). NASA menjadi lembaga sipil dengan tujuan eksplorasi ruang hampa untuk kepentingan seluruh umat manusia.
Saat ini, banyak orang dan mesin yang sedang diluncurkan ke ruang angkasa. Astronot mengorbit Bumi dan mendarat di Bulan. Pesawat ruang angkasa robot melakukan perjalanan ke planet-planet. Ruang angkasa tiba-tiba dibuka untuk eksploitasi, eksplorasi dan komersial. Satelit memungkinkan para ilmuwan untuk menyelidiki dunia kita, meramalkan cuaca, dan untuk berkomunikasi secara instan di seluruh dunia. Sebagai permintaan untuk muatan lebih banyak dan lebih besar meningkat, beragam roket kuat dan serbaguna harus dibangun.
Sejak hari-hari awal penemuan dan eksperimen, roket telah berevolusi dari perangkat mesiu sederhana menjadi kendaraan raksasa yang mampu melakukan perjalanan ke luar angkasa. Roket telah membuka alam semesta untuk eksplorasi langsung oleh manusia.









BAB III
KESIMPULAN
           
Tekhnologi yang terus berkembang dari tahun-ketahun tak  lepas dari kemampuan dan kecerdasan sedemikian rupa yang dimiliki oleh banyak orang, hal ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia, dimana tekhnologi dijadikan sebagai suatu kebutuhan yang sangat pentig dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dizaman sekarang ini segala urusan yang dilakukan oleh setiap orang semuanya tergantung pada kecanggihan tekhnologi yang ada, mulai dari tekhnologi tranportasi, teknologi informasi dan komunikasi, bahkan tekhnologi dijadikan sebagai alat perang untuk keperluan pertahanan negara dan banya lagi.
Manusia dan teknologi tumbuh dan berkembang secara beriringan. Dengan memanfaatkan potensi pikiran yang dimiliki manusia dan menciptakan berbagai inovasi teknologi yang digunakan untuk memudahkan berbagai aktifitas manusia. Dengan demekian maka dapat disimpulkan bahwa teknologi terlahir seiring dengan lahirnya peradaban manusia. Istilah teknologi itu sendiri mengalami perubahan arti sesuai dengan konteks pemakaiannya. 
Teknologi juga merupakan sebuah sistem, yakni suatu kebulatan terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan satu sama lain maupun dengan lingkungan sekelilingnya. Dari masa yang tertua sampai sekarang dan mulai dengan alatalat yang paling sederhana sampai yang tercanggih, setiap penemuan dan penciptaan berdasarkan pada kenyataan bahwa manusia bukan hanya suatu makhluk perseptual melainkan juga suatu makhluk konseptual yang mampu mengamati, mengingat, dan menjajarkan gambaran anganangan. Ia dapat membuat suatu perancangan mental, suatu khayalan teknopuitis, bahkan mungkin bisa menjadikannya ke dalam suatu bentuk yang nyata seperti apa yang telah kita rasakan dan nikmati sekarang ini.
Berdasarkan pembahasan diatas yang menjelaskan tentang perkembangan 10 macam tekhnologi yang juga sangat beerpengaruh terhadap perkembangan manusia, dapat lami simpulkan sebagai berikut:
1.   Perkembangan Radio
Meskipun saat ini radio tidak lagi banyak digemari, seiring perkembangan tekhnologi yang kian menigkat dari tahun- ketahun, tetapi radio masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, yang khususnya tinggal dipelosok desa yang belum terjangkau PLN radio masih dijadikan sebagai gudang informasi.
Radio adalah media elektromagnetik yang termurah, baik pemancar maupun penerimanya. Berarti terdapat ruang untuk lebih banyak stasiun radio dan lebih banyak pesawat penerima dalam sebuah perekonomian nasional. Radio dibandingkan dengan media lainya adalah biaya yang rendah sama artinya dengan akses kepada pendengar yang lebih besar dan jangkauan lebih luas kepada kaum dengan tingkat ekonomi yang rendah. Itulah keuntungan dari radio sehingga tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat.


2.   Perkembangan televisi
Perkembangan televisi di dunia saat ini juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan taraf hidup manusia karena dapat memperoleh informasi dengan mudah. Hampir semua orang di setiap negara di dunia ini menjadikan televisi sebagai ladang informasi yang paling utama dan mudah. Mata kita dapat disegarkan dengan menyaksikan berbagai macam hiburan dari layar yang tersedia dari setiap stasiun televisi, serta menyaksikan berbagai macam konflik dan isu-isu hangat yang terjadi di setiap negara. Dengan adanya informasi yang dengan mudah didapat dari perkembangan televisi, tentu juga memudahkan manusia dalam usahanya di berbagai bidang industri.
3.   Perkembangan Air Conditioner (AC)
Diera globalisasi saat ini dengan tekhnologi canggih yang terus bermunculan dan perkembangan industri yang semakin pesat, sehingga memunculkan adanya pemanasan global yang terjadi dari efek rumah kaca. Hal ini lalu memaksa para ilmuan meningkatkan dan mengembangkan alat pendingin ruangan yang disebut Air Conditioner atau disingkat dengan sebutan AC.
Penggunaan AC untuk perumahan baru dikembangkan pada tahun 1927 dan pertama dipakai disbuah rumah di Mineapolis, Minnesota. Saat ini AC sudah digunakan disemua sektor, tidak hanya industri saja tetapi juga sudah di perkantoran dan perumahan dengan berbagai macam bentuk dari mulai yang besar hingga yang kecil.semuanya masih berfungsi sama yaitu untuk mendinginkan suhu ruangan agar orang merasa nyaman.
4.   Penggunaan telepon yang mengawali era telekomunikasi
Dengan perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi saat ini Setelah ditemukannya berbagai kemajuan dalam bidang komunikasi di dunia, yang telah membuat adanya peradaban baru tentunya, perusahaan komunikasi telepon tidak berhenti untuk menemukan dan mematenkan karya karyanya dalam bidang komunikasi.
 Untuk perkembangan selanjutnya, pada tahun 1959, telepon yang disebut dengan telepon jenis “Princess”,  untuk pertama kalinya dipatenkan dan tentunya segera diperkenalkan kepada dunia. Yang kemudian penemuan tersebut disusul dengan diluncurkannya telepon yang memiliki tombol bersuara. Mungkin pada era ini hal tersebut sudah biasa dan bahkan sebagian ada yang ingin teleponnya tidak bersuara ketika ditekan tombol-tombolnya, namun pada era itu tombol yang memiliki atau mengeluarkan suara tertentu saat ditekan tombolnya sangatlah laku dan banyak penggemarnya (yang ingin memilikinya) dan terus mengalami perkembangan sampai saat ini.
5.    Kehadiran BB Mengawali Era Telekomunikasi
Pada jaman dulu blackberry belum merambah eksis di dunia telekomunikasi namun, seiring dengan perkembangan jaman blackberry menjadi di kenal oleh masyarakat luas, kemunculannya sangan bombastis dan menghipnotis banyak orang sehingga ponsel tersebut selalu di buru orang dan laku di pasaran. BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelcom dan Telkomsel. Akibat tuntutan pemerintah indonesia,blackberry akhirnya membuka kantor perwakilan di indonesia pada november 2010.
6.   Sejarah Dan Awal Perkembangan Tablet
Sejarah tablet membuktikan bahwa membutuhkan waktu hampir empat dekade sebelum tablet mirip dengan apa yang dia bayangkan mengambil hati publik. Tapi itu bukan berarti tidak ada komputer tablet di pasar selama 4 dekade tersebut selain konsep Dynabook dan iPad Apple yang terkenal. Tablet yang pertama muncul di pasar adalah GRiDPad. Pertama kali diproduksi pada tahun 1989, GRiDPad termasuk layar sentuh kapasitansi monokromatik dan stylus kabel. Beratnya hanya di bawah 2,26 kilogram. Dibandingkan dengan tablet hari ini, GRiDPad itu besar dan berat, dengan baterai pendek yang hanya bertahan tiga jam. Dan orang di balik GRiDPad itu adalah Jeff Hawkins, yang kemudian mendirikan Palm.

Hingga akhirnya puncak sejarah tablet dimulai ketika Stave Jobs mengungkapkan iPad pertama ke pasar, dan meyakinkan pasar bahwa komputer tablet dapat menjadi produk konsumen yang layak. Saat ini, perusahaan seperti Apple, Google, Microsoft dan HP berusaha untuk memprediksi kebutuhan konsumen, sementara merancang generasi berikutnya dari perangkat tablet.

7.   Sejarah Perkembangan  Modem

Modem, yang merupakan singkatan dari modulator / demodulator, diciptakan di tahun 1950 untuk keperluan militer. Diproduksi oleh perusahaan komputer sekarang populer, IBM, modem digunakan sebagai bagian dari sistem pertahanan udara; tujuan mereka adalah untuk menghubungkan berbagai pangkalan udara dan pusat-pusat kontrol. Modem adalah alat yang campuran (mengatur) dan terpisah (demodulasi) sinyal, yang memungkinkan satu komputer untuk menghubungkan ke lain. Mereka mentransfer data melalui saluran telepon dengan menggunakan gelombang analog dan modem lalu mengubah gelombang bolak-balik. Modem pertama dirancang untuk menahan penerima telepon dalam buaian dan memiliki hubungan kabel yang pergi dari buaian ke komputer. Saat ini, sebagian besar modem baik internal maupun eksternal perangkat keras.

8.   Sejarah Perkembangan Helicopter

Mengikuti perkembangan pesawat helikopter yang dimulai dari awal pemikiran penciptaan wahana terbang vertikal sampai dengan helikopter dan teknologinya saat ini, disim pulkan bahwa penciptaan karya besar selalu melalui proses panjang. Dalam proses tersebut selalu diwarnai keberhasilan, namun juga kegagalan dan pengorbanan yang sering membuat putus asa. Demikianlah bagian kecil dari sejarah helikopter. Barangkali jika para pioner helikopter seperti Leonardo da Vinci, Boris Yu’rev, dan Paul Cornu berkesempatan hidup lagi dan menyaksikan bagaimana kecanggihan wahana terbang vertikal saat ini, maka kita semua yakin bahwa mereka akan tercengang dan kagum. Mereka mungkin tanpa sadar bahwa yang mereka kagumi sebenarnya adalah buah impian dan usaha yang pernah dirintisnya sendiri.

9.   Sejarah Perkembangan Kereta Api

Penemuan listrik oleh Michael Faraday membuat beberapa penemuan peralatan listrik yang diikuti penemuan motor listrik. Motor listrik kemudian digunakan untuk membuat trem listrik yang merupakan cikal bakal kereta api listrik. Kemudian Rudolf Diesel memunculkan kereta api bermesindiesel yang lebih bertenaga dan lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Seiring dengan berkembangnya teknologi kelistrikan dan magnet yang lebih maju, dibuatlah kereta api magnet yang memiliki kecepatan di atas kecepatan kereta api biasa. Jepang dalam waktu dekade 1960-an mengoperasikan KA Super Ekspress Shinkanzendengan rute Tokyo-Osaka yang akhirnya dikembangkan lagi sehingga menjangkau hampir seluruh Jepang. Kemudian Perancis mengoperasikan kereta api serupa dengan nama TGV.

10.               Sejarah Perkembangan Roket

Dengan adanya roket saat ini, banyak orang dan mesin yang sedang diluncurkan ke ruang angkasa. Astronot mengorbit Bumi dan mendarat di Bulan. Pesawat ruang angkasa robot melakukan perjalanan ke planet-planet. Ruang angkasa tiba-tiba dibuka untuk eksploitasi, eksplorasi dan komersial. Satelit memungkinkan para ilmuwan untuk menyelidiki dunia kita, meramalkan cuaca, dan untuk berkomunikasi secara instan di seluruh dunia. Sebagai permintaan untuk muatan lebih banyak dan lebih besar meningkat, beragam roket kuat dan serbaguna harus dibangun.

Sejak hari-hari awal penemuan dan eksperimen, roket telah berevolusi dari perangkat mesiu sederhana menjadi kendaraan raksasa yang mampu melakukan perjalanan ke luar angkasa. Roket telah membuka alam semesta untuk eksplorasi langsung oleh manusia.














BAB IV
PENUTUP
Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia jaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia. Di banyak belahan masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi.
Sebenarnya Teknologi sudah ada sejak jaman dahulu, yaitu jaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat. Salah satunya adalah seperti yang ada di Indonesia, yaitu fenomena mobil esemka yang diciptakan beberapa sekolah di Solo. Telah membuat inovasi mobil Nasional untuk Indonesia. Selain itu juga, ada di Sidoarjo yang memproduksi kapal laut untuk kebutuhan melaut.
Ini menjadi bukti bahwa memang teknologi sudah menjadi kebutuhan dan merata di setiap sektor kehidupan manusia.  Terlebih setelah adanya penemuan komputer dan laptop, yang sekarang hampir semua pekerjaan manusia memiliki hubungan dengan komputer ataupun laptop. Sehingga pantas jika komputer adalah penemuan yang paling mutakhir dan yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia.
Semoga tekhnologi terus berkembang dimasa yang akan datang, dan kita sebagai manusia selalu senantiasa memanfaatkan kemajuan tekhnologi  yang sedemikian rupa canggihnya kejalan yang positif.









DAFTAR PUSTAKA


id.wikipedia.org/wiki/. Kereta api . Diakses 27 Maret 2013
id.wikipedia.org/wiki/. Televisi. Diakses 27 Maret 2013
id.wikipedia.org/wiki/. Sejarah radio. Diakses 27 Maret 2013
ims_tegal.blogspot.com. Sejarah air conditioner, Diakses 27 Maret 2013
ims_tegal.blogspot.com.Sejarah-bb. Diakses 27 Maret 2013
Joe .2011.Sejarah perkembangan tablet,blog.batavianet.com/knowledge-center:archive.html
M.T, Ir. Suyitmadi .2011.Sejarah ditemukannya Helicopter,
www.engineeringtown.com/kids/index.php/../archive.htm
www.anneahira.com .Sejarah telepon.Diakses 27 Maret 2013

www.awalmula.com.Sejarah Modem. Diakses 27 Maret 2013
www.gomuda.com/.html.2013.Sejarah roket dari waktu ke waktu. Diakses 27 Maret 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar